Diberdayakan oleh Blogger.

Apa itu Strawberry Prolog?


Apa itu Strawberry Prolog? Sebelum kita membahas Strawberry Prolog, kita perlu tahu apa itu Prolog.

Jadi, Prolog adalah Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.

Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.

Apa sih ciri-ciri dari Prolog itu sendiri? Cek yuk di bawah.

Bahasa Pemrograman Prolog
  •     Object oriented languange atau declarative languange.
  •     Tidak terdapat prosedur, tetapi  hanya kumpulan data-data objek (fakta) yang akan diolah, dan relasi antar objek tersebut membentuk aturan yang diperlukan untuk mencari suatu jawaban
  •     Programmer menentukan tujuan (goal), dan komputer menentukan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut serta mencari jawabannya.
  •     Dilakukan pembuktian terhadap cocok-tidaknya tujuan dengan data-data yang telah ada dan relasinya.
  •     Prolog ideal untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur, dan prosedur pemecahannya tidak diketahui, khususnya untuk memecahkan masalah non numerik.
  •     Prolog bekerja seperti pikiran manusia, proses pemecahan masalah bergerak di dalam ruang masalah menuju suatu tujuan (jawaban tertentu).
Nah kita sudah tahu dari ciri-ciri Prolog, bagaimana sih implementasi aplikasi Prolog itu sendiri? Berikut implementasi Prolog:
  • Sistem Pakar (Expert System), Program menggunakan teknik pengambilan kesimpulan dari data-data yang didapat, layaknya seorang ahli.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Languange Processing), Program dibuat agar pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa manusia sehari-hari, layaknya penterjemah.
  • Robotik, Prolog digunakan untuk mengolah data masukanyang berasal dari sensor dan mengambil keputusan untuk menentukan gerakan yang harus dilakukan.
  • Pengenalan Pola (Pattern Recognition), Banyak digunakan dalam image processing, dimana komputer dapat membedakan suatu objek dengan objek yang lain.
  • Belajar (Learning), Program belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan, dari pengamataqn atau dari hal-hal yang pernah diminta untuk dilakukan.
Yapppzz itu Prolog. Prolog dibagi menjadi 3 lagi loh, yaitu Strawberry Prolog,
Visual Prolog dan SWI Prolog.

Disini saya akan membahas tentang Strawberry Prolog. Jadi.... Apa itu Strawberry Prolog?
 
Strawberry Prolog adalah dialek dari bahasa pemrograman Prolog. Sintaksnya sangat dekat dengan ISO-Prolog tetapi memiliki banyak ekstensi yang bukan bagian dari standar. Gagasan utama dari Strawberry Prolog sangat mudah digunakan dan oleh karena itu beberapa universitas menggunakan prolog untuk kursus .
                Strawberry Prolog dihasilkan oleh Institut Matematika dan Informatika pada Akademi Ilmu Pengetahuan Bulgaria . Versi pertama dirilis pada tahun 1996. Pemimpin tim Strawberry Dimiter Dobrev.
            Strawberry Prolog sedang dikembangkan di Institut Matematika dan Informatika dan di Fakultas Matematika dan Informatika. Kompiler Prolog ini merupakan bagian dari proyek AI. Beberapa contoh game yang dibuat menggunakan strawberry prolog adalah Point(Dots), Tic tac toe, Row, chess, checkers, dll.
 
Pada aplikasi ini, kita dapat membuat game yang kita inginkan. 
Memang secara garis besar Strawberry Prolog sudah tidak berkembang dan jika kalian mencari tutorialnya di google mungkin website yang ditemukan dapat di hitung dengan jari. Namun disini kami akan mencoba mengungkap Strawberry Prolog sebisa mungkin.
Untuk permulaan saya akan menjelaskan bagaimana membuat form di Strawberry prolog. Sintaksnya seperti berikut ini.

/*
?-
window( _, _, win_func(_), "Dicka AR", 100, 100, 520, 520).
*/

Pada aturan nya,
/* sebagai blok suatu program
?- sebagai awalan untuk memulai coding
window( _, _, win_func(_), "Dicka AR", 100, 100, 520, 520). untuk membuat sebuah form dengan nama variabel win_func, title bar bernama Dicka AR, titik muncul di pixel 100x100 dengan ukuran form 520x520.
*/ sebagai penutup blok
 
Sintaks di atas hanya untuk membuat form. Bagaimana untuk sintaks yg lebih banyak? yuk dicek. Saya akan membuat sebuah tanda panah ke atas. Berikut sintaksnya:
 
 ?-
set(pos([[f,f,f,f],[f,f,f,f],[f,f,f,f]])),
set(lose_flag(true)),
brush(system_color(window)),
window( _,_,win_func(),"Test",100,10,665,685).
win_func(paint):-
pen(5,rgb(255,100,100)),
line(150,50,50,150),
line(150,50,250,150),
line(50,150,100,150),
line(250,150,200,150),
line(100,150,100,250),
line(200,150,200,250),
line(100,250,200,250),
fail.

Berikut penjelasan dari sintaks di atas.
  • ?- , perintah untuk mengawali program pada prolog.
  • Fungsi set diisi dengan fungsi pos, yang artinya akan membentuk post berupa titik-titik seperti matriks. Sedangkan dari fungsi pos ada 4 matriks yang fungsinya membentuk matriks berdimensi 4x4.
  • Fungsi brush artinya, akan menggunakan kuas untuk menggambar sesuatu. Fungsi system_color(window) artinya akan membentuk sebuah jendela dengan warna bergantung pada jendela sistem operasi yang digunakan.
  • Fungsi window untuk membentuk jendela. Bentuk umum fungsi jendela terdiri dari 8 parameter, tetapi biasanya yang dipakai parameter ke 3, yaitu fungsi win_func() yang dapat didefiniskan selanjutnya. Parameter selanjutnya adalah judul dari jendela yaitu ‘Test’. Dua parameter selanjutnya adalah jarak dari sisi layar hingga jendela. Parameter yang pertama jarak dari kiri (secara horizontal) sejauh 100px selanjutnya parameter yang keduajarak dari atas (secara vertical) sejauh 10px. Dua parameter terakhir adalah panjang untuk jendela yang akan dibuat. Jendela yang akan terbentuk memiliki lebar 665px (kesamping) dantinggi 685px (kebawah).
  • Statement ini adalah fungsi win_func(paint) yang sebelumnya dipanggil. Pertama, gunakan pensil menggunakan fungsi pen(). Di dalam fungsi pen(), definisikan jumlah titik ujung. Karena kita akan membuat garis, maka jumlah ujungnya dua. Lalu, tentukan warna berdasrkan system RGBpen(5,rgb(255,100,100)), angka 5 menunjukkan ketebalan garis, 255 untuk mewakili warna garis dengan warna merah, 100 untuk mewakili warna garis dengan warna hijau, 100 untuk mewakili warna garis dengan warna biru. Nilai pada rgb dapat berubah-ubah sesuai dengan warna apa yang diinginkan dengan memberikan nilai terbesar pada warna yang diinginkan. Misal : pen(5,rgb(255,255,100), maka garis akan berwarna kuning.
  • Selanjutnya, menuliskan garis dengan fungsi line(). Parameter pertama adalah jarak ujung pertama dari kiri terhadap jendela (X1), parameter kedua adalah jarak ujung pertama dari atas terhadap jendela (Y1). Parameter ketiga adalah jarak ujung kedua dari kiri terhadap jendela (X2). Parameter keempat adalah jarak ujung kedua dari atas terhadap jendela (Y2), lanjutkan hingga semua titik terhubung.  Misal :  line(150,50,50,150), 150 sebagai sunbu X1, 50 sebagai sumbu X2, 50 sebagai sumbu Y1, 150 sebagai sumbu Y2, lanjutkan sampai semua titik terhubung.
  • fail. , untuk mengakhiri program pada prolog.

 

Tadi penjelasan singkat dari sintaks yang digunakan pada strawberry prolog. Nah ada sedikit program atau game yang telah saya buat atau pengembangan dari game sebelumnya di Strawberry Prolog. Nama gamenya, yaitu Pudge, The Apple-Hooker. Berikut game nya:
 
 


   
Nah itu seputar gambar dari game yang saya buat di Strawberry Prolog. Untuk cara main nya atau manual book bisa di-download di http://www.2shared.com/file/kwBb-fGE/Manual_Book.html
Untuk file .exe nya bisa di-download di http://www.2shared.com/file/NhAKQ1Oz/Pudge_The_Apple-hooker.html

Sekian penjelasan singkat tentang Strawberry Prolog dari saya, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan. Terima Kasih. 

Referensi.
 https://www.google.com/search?q=strawberry+prolog+adalah&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjezJiU7pDMAhUMcY4KHemPA78Q_AUIBygB&biw=1360&bih=659#tbm=isch&q=prolog+adalah&imgdii=1DqFo_zj-BdUbM%3A%3B1DqFo_zj-BdUbM%3A%3B30G8_vojDZaVCM%3A&imgrc=1DqFo_zj-BdUbM%3A
https://id.wikipedia.org/wiki/Prolog 
https://anggamaulana20.wordpress.com/2013/04/14/sedikit-mengenal-strawberry-prolog/
Download Strawberry Prolog:
http://www.dobrev.com/download.html

1 komentar: